Europe Travelling - Transportasi Untuk Keliling Eropa [ Bus ]

July 13, 2016

Dalam post kali ini saya ingin memberikan informasi yang saya ketahui mengenai transportasi untuk berkeliling Eropa. Sering kali saya mendapat pertanyaan tentang hal ini. Banyak juga yang berpikir bahwa saya menaiki kereta api kemana-mana. Oleh karena itu saya membuat posting ini. Ok, mari kita mulai!


Untuk berkeliling Eropa dari Ceko saya punya banyak pilihan. Mulai dari pesawat, kereta api, bus, hingga mobil. Untuk menentukannya sangat mudah. Anda hanya perlu membandingkan harga mana yang terbaik melalui website-website yang sudah banyak dimana-mana. 

Sejauh ini, jujur, saya belum pernah naik kereta untuk keluar dari Ceko. Tentu bukan tanpa alasan. Harga kereta api sangatlah tinggi, bahkan lebih mahal dari pesawat. Durasinya kurang lebih sama dengan bus. Mungkin hanya lebih tidak membuat anda jadi mabuk di perjalanan. Tapi untuk traveller yang on-budget seperti saya, saya lebih baik mabuk di perjalanan dari pada harus bayar 100 Euro untuk kereta api.

Bus

Bus adalah transportasi yang paling saya cintai selama di Eropa. Kenapa? Harga tiket bus yang bisa dibilang sangat murah, rute yang beragam, dan bisa membawa barang dan cairan tanpa harus memperhitungkan.

Selama saya di Eropa, saya menggunakan beberapa operator bus yakni ; Student Agency, Flix Bus, Mega Bus, dan Berlinlinienbus.

Jenis bus yang digunakan ke-empat operator bus ini memang bisa dibilang hampir sama. Tapi kenyamanan tentu saja berbeda-beda. Mari kita bahas satu persatu.

------------------------------

Student Agency adalah operator bus dari Ceko dengan ciri khas warna Kuning. Saya selalu menggunakan Student Agency ketika bepergian di dalam wilayah Republik Ceko. Selain memang banyak rutenya, Student Agency memberikan discount untuk pemegang kartu ISIC ( International Student Identification Card ). 

> Harga : 

Harga tiket Student Agency bisa dibilang cukup murah terutama untuk bepergian dalam wilayah Ceko. Jika keluar dari Ceko terkadang tidak memiliki rute atau harganya
lebih mahal dari Flix atau Mega bus. 

Kadang Student Agency juga memberikan tiket sambungan langsung dari bus ke kereta yang dioperasikan oleh Student Agency juga bernama ' Regio Jet '. Jadi misalnya saya membeli tiket Zlin-Praha maka saya otomatis mendapatkan 1 buah tiket bus untuk pergi dari Zlin ke Olomouc dan tiket kereta dari Olomouc ke Praha.


















> Kenyamanan : 

Kursi di bus Student Agency bisa dibilang tidak terlalu luas namun juga tidak sempit, jadi pas untuk ukuran tubuh kecil seperti saya. Di setiap bus yang saya naiki selalu dilengkapi dengan toilet walau kadang bau. 

Satu hal yang tidak saya temukan di operator bus lain adalah minuman gratis. Ya, di bus Student Agency anda akan ditawarkan minuman gratis seperti kopi, teh, coklat, atau sekedar air hangat. Saya selalu memesan antara teh atau coklat. 

Jika bus anda adalah bus untuk perjalanan jauh maka akan disediakan layar di setiap kursi. Namun jika bus yang anda naiki hanya untuk perjalanan 1-2 jam maka hanya disediakan TV yang tidak akan terlihat dari kursi-kursi bagian belakang. Anda juga dapat meminjam headphone, majalah atau koran yang tentu saja berbahasa Ceko. 

Untuk kereta Regio Jet, sebisa mungkin pilih gerbong nomor satu. Gerbong nomor satu memiliki kursi yang lebih nyaman, mendapat layar hiburan disetiap kursi dan lebih dingin. Gerbong lainnya memiliki tatanan kursi yang berbeda, jadi semacam bilik-bilik dan setiap bilik diisi enam orang. Kadang kalau anda sial, anda bisa satu bilik dengan orang-orang yang sedang membawa koper besar. Gerbong lain juga lebih panas dan sumpek.


https://www.studentagency.eu/en/

------------------------------



















Flix Bus adalah operator bus dari Jerman dengan ciri khas warna Hijau. Flix bus ini memiliki rute yang lebih beragam dibandingkan Student Agency sehingga saya lebih sering menggunakan Flix bus saat bepergian keluar negri.

> Harga :

Harga tiket Flix bus cukup beragam. Jika memang jaraknya dekat atau sedang promo anda bisa mendapat tiket rata-rata dengan harga 9 Euro. Namun jika memang jarak cukup jauh atau anda membeli tiket pada waktu-waktu mendekati hari-h maka harga bisa naik dua kali lipat.

Sejauh ini paling mahal saya menggunakan flix bus dari Zurich ( Swiss ) ke Praha ( Ceko ). Saya mengambil dua tiket terpisah karena tiket langsung jauh lebih mahal. Total biaya adalah 30 Euro untuk tiket Zurich-Munich dan Munich- Praha.

Selain dari itu, rata-rata saya mendapat tiket di Flix bus dengan harga 9-12 Euro. Untuk pemilik kartu ISIC juga bisa mendapatkan potongan 3 Euro dengan catatan hanya dapat digunakan satu kali saja. Potongan harga tersebut juga harus anda aktivasi melalui website khusus. ( Klik disini untuk mengetahui tentang potongan harga khusus ISIC Card holder )

> Kenyamanan :

Perlu saya akui bahwa Flix bus memiliki kenyamanan yang lebih dari operator bus lain. Saya rasa ini disebabkan Flix bus dibuat untuk orang Jerman. Tubuh orang Jerman yang tinggi-tinggi membuat bus ini terasa sangat luas bagi perempuan Asia bertubuh mungil seperti saya.

Saya beberapa kali menggunakan Flix bus untuk bus malam. Awalnya saya takut tidak bisa tidur karena harus tidur di bus. Namun ternyata kursi penumpangnya sangat nyaman. Beruntung jika kursi sebelah anda kosong, maka anda bisa tidur selonjoran ( Seperti yang saya lakukan, hehehe ).

Flix bus juga selalu memberikan bus dua tingkat untuk perjalanan jauh sehingga tidak sempit. Untuk perjalanan singkat Flix bus selalu menggunakan bus satu tingkat namun tetap nyaman dan luas. Setiap kursi memiliki stop kontak untuk charger dan semacamnya.

https://www.flixbus.com

------------------------------

Mega bus merupakan operator bus dari Inggris dengan ciri khas warna Biru. Sebelum saya ke Eropa saya sudah cari tahu sana sini, banyak yang merekomen Mega bus ini. Saat saya akan menggunakan Mega bus saya pun jadi tidak sabar untuk mengetahui seperti apa Mega bus itu.

> harga :

Harga tiket Mega bus memang bisa dibilang murah. Saya mendapatkan harga tiket hanya 1.5 Poundsterling dari Paris ke Marsaille, Genoa ke Pisa. Kadang harga bisa berubah sewaktu-waktu seperti misalnya setelah saya mereservasi tiket, teman saya langsung mendapat harga lebih mahal yakni, 3 poundsterling.

> Kenyamanan :

Untuk kenyamanan sejauh ini Mega bus adalah yang terburuk bagi saya. Pertama saat saya menaiki bus dari Paris ke Marsaille. Bus tersebut memakan waktu sekitar 9-10 jam alias bus malam. Kala itu kami telat sehingga kami harus duduk dipaling belakang ( dekat mesin ).

Tak lama setelah kami duduk kamipun tertidur. Saat saya tidur saya merasa tubuh saya panas sekali sampai berkeringat tidak karuan. Saya merasakan panas tersebut datang dari bagian bawah kursi saya yaitu tempat dimana terdapat mesin. 'Oh mungkin karena mesin' pikir saya. Saya pun berusaha menutupi kursi saya dengan jaket agar panasnya tidak langsung terkena saya. Lama-lama tidak ampuh juga, jaket saya malah ikutan panas.

Saya celingak-celinguk ternyata semua orang sedang sibuk mengutak-atik AC. Rupanya memang ACnya mati. Setelah kurang lebih 1 jam, AC kembali menyala dan tidak panas lagi. Saya pun tidur kembali. Kira-kira selang waktu 2 jam, AC kembali mati dan semua orang mulai kepanasan lagi. Begitu terus sampai akhirnya kami berhenti di mengisi bahan bakar dan ada salah seorang penumpang yang mengadukan kepada supir bus. Sang supir bus akhirya membuka semacam fentilasi di bagian atas bus agar tidak pengap. Anehnya juga untuk perjalanan selama itu, Mega bus malah menggunakan bus satu tingkat sehingga membuat sempit dan panas.

Kedua, saat saya berangkat dari Genoa ke Pisa, wifi di bus saya mati total. Sebagai fakir wifi saya merasa hal ini sangat mengganggu. Lagi-lagi sangat aneh, untuk perjalanan jarak dekat, Mega bus malah menggunakan bus dua tingkat.

Bus dua tingkat Mega bus juga tidak seluas Flix bus. Mega bus lebih sempit bahkan bagi saya yang bertubuh mini ini.

















Saat bus saya mampir ke pom bensin.


http://megabus.com


------------------------------

Terakhir adalah Berlinlinienbus. Saya hanya pernah satu kali menggunakan Berlinlinienbus sehingga belum begitu mengetahui kualitas operator bus asal Jerman ini secara mendalam. Tapi tetap saya tulis  untuk referensi anda saja. Berlinlinienbus memiliki banyak rute di Jerman dan sepertinya kurang terkenal diluar Jerman.

> Harga :

Untuk perbandingan harga saya belum bisa memberikan informasi detail, namun dibandingkan dengan Flix bus jelas Berlinlinienbus lebih murah. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa saya hanya pernah satu kali menggunakan Berlinlinienbus.

Harga tiket saya dari Berlin ke Dresden adalah 6 Euro. Cukup terbilang murah dibandingkan dengan Flix bus yang rata-rata harganya mulai dari 9 Euro.

> Kenyamanan :

Berlinlinienbus ini tidak se-komersil tiga operator bus yang saya sebutkan di atas. Untuk sisi kenyamanan saya rasa standar saja. Kursi penumpang nyaman dan ada stop kontak. Wifi berjalan dengan baik.

Untuk menggunakan wifi di Berlinlinienbus anda perlu log-in terlebih dahulu. Jangan bingung, cara-caranya tertera di kaca bus. Saya awalnya bingung dan mengira tidak ada wifi dalam bus tersebut. Ternyata ada dan cukup cepat.

https://www.berlinbus.com

------------------------------


Nah, saat ingin memutuskan operator bus mana yang akan anda gunakan lebih baik menggunakan search engine seperti layaknya sky-scanner untuk pesawat. Saya biasa menggunakan https://www.busradar.com untuk mencari tiket termurah dan jam yang paling tepat. Di https://www.busradar.com anda bisa mengetahui jadwal bus, kereta, dan juga blablacar.

Blablacar itu adalah semacam 'uber'. Jadi misalnya anda mau pergi dari Berlin ke Dresden, anda bisa mencari tumpangan di Blablacar. Tentunya tidak gratis, anda harus membayar tapi biasanya tidak semahal bus atau kereta. Kelemahan dari blablacar adalah kadang anda tidak bisa menemukan tumpangan di hari atau jam yang anda inginkan. Jika anda solo-traveller ini juga bisa dibilang kurang aman kecuali anda benar-benar berani dan yakin.

Oh ya, dibawah ini saya tuliskan fasilitas general yang selalu ada di setiap bus yang saya naiki :
- Toilet
- Wifi
- Stop Kontak

Ketiga fasilitas di atas nampaknya wajib ada dalam bus di Eropa atau setidaknya di empat operator bus yang pernah saya gunakan.


------------------------------

Jadi segitu dulu yang bisa saya bagikan mengenai transportasi untuk bepergian di Eropa. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda semua! Enjoy your trip! :D



Cao!


Untuk membaca tentang transportasi via udara alias pesawat terbang, baca disini.

You Might Also Like

0 comments