SANTORINI, YUNANI - Apakah Santorini Overrated ???

November 05, 2016

---Disclaimer---
Semua Foto diambil oleh saya kecuali jika memiliki keterangan sumber. 
Foto tidak mengalami proses pengeditan sama sekali guna memberikan gambaran yang jelas dan jujur kepada pembaca.

terimakasih selamat membaca.

------

Halo!

Sudah cukup lama saya tidak menulis blog dikarenakan sibuk urusan kuliah. Ya, niat ada, waktu juga kadang ada, tapi belum benar-benar mendapat mood untuk menulis. Hehehe.

Sebagai tebusan rasa bersalah, hari ini saya akan membagikan sedikit cerita pengalaman saya saat melancong ke Santorini, Yunani. Sebuah pulau yang cukup tenar di dunia dan di Indonesia sendiri.


Lokasi : Fira / Thira 


 ------

Untuk pergi ke Santorini anda harus menaiki kapal dari Athena / Athens. Bagaimana caranya?

Ketika saya di Athena saya tidak menginap di pusat kota melainkan di dekat pelabuhan Piraeus ( sekitar 40-60 menit dari pusat kota Athena ). Kenapa saya menginap di Piraeus? Alasanya mudah, karena kapal yang saya tumpangi untuk ke Santorini berangkat pagi-pagi betul, sekitar pukul enam. 

Ketika saya kembali dari Santorini kapal tiba di Piraeus pukul dua belas malam sehingga saya tidak perlu repot-repot naik angkutan ke pusat kota lagi. Dari pelabuhan saya hanya perlu jalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai di hotel.

Hotel saya selama di Piraeus :  http://www.ideal-hotel.gr
(€ 50 per malam kapasitas 3 orang)

Mencari kapal ke santorini bisa melalui website http://www.petas.gr/en/Home.html

Saya saat itu memilih Blue Star Delos karena harganya paling murah dan mendapat cukup banyak ulasan baik di Trip Advisor dan blog-blog. Harga tiket kapal saya waktu itu adalah :
Piraeus – Santorini    € 20
Santorini – Piraeus    € 20
Total                           : € 40 ( PP )

Lama perjalanan kurang lebih 9 jam.



Sistem duduk di kapal ini adalah acak alias suka-suka. 

Jadi siapa cepat dia dapat yang enak. Begitulah kurang lebih. 
Jika anda ingin mendapatkan kursi yang pasti, anda bisa memesan kursi di ruangan khusus yang lebih nyaman dengan –tentunya—biaya tambahan.


------

Penginapan di Santorini bisa dibilang tergolong mahal. Apalagi jika anda mau menginap di resort yang memiliki kolam renang langsung menghadap ke laut seperti yang ada di instagram kebanyakan.

Jadi begini, tempat di pulau tersebut yang paling banyak menarik perhatian turis adalah Oia. Oia terletak di ujung pulau Santorini. Pusat pulau Santorini sendiri terletak di Fira / Thira. Saya sendiri waktu itu menginap di Fira karena penginapan di Oia melampaui budget saya.

Penginapan saya di Fira bernama Dina’s Place atau nama lainya adalah San Giorgio Villa.


Harga kamar saat itu adalah
€ 65 per malam untuk kapasitas 3 orang. Toilet di dalam.

Kamar hotel Dina's place untuk 3 orang

Fasilitas hotel ada kolam renang super kecil. Kolam renang bukan untuk berenang tapi untuk bersantai-santai saja. Pemilik hotel sangat ramah, mereka adalah sebuah keluarga. Pagi-pagi mereka menyediakan kue khas Santorini buatan sang Ibu, jus, teh, dan kopi. Lumayan buat sarapan, hihihi.

Mereka juga menyediakan pick-up service gratis di pelabuhan Santorini. Untuk mendapatkan pick-up service anda hanya perlu menulis di keterangan saat memesan kamar di website mereka.

Bodohnya, saya lupa bahwa saya sudah memesan pick-up service, jadi saya tetap menaiki bus umum dari pelabuhan sampai kota Fira. Saya dan kedua teman saya nyasar nggak karuan. Ini dikarenakan di Santorini rumah / tempat apapun tidak memiliki alamat. Mereka bilang, “ This island is very small, we don’t need an address.”

Kami nyasar sampai akhirnya kami memasuki sebuah toko kelontong untuk membeli jus karena haus. Kemudian kami bertanya kepada ibu pemilik toko tersebut. “ Do you know where Dina’s place is?” Sambil saya menunjukan kertas bukti pemesanan hotel. Si Ibu yang tidak begitu bisa berbahasa Inggris langsung mengangkat telfon dan menelpon ke Dina’s place. Fiuh~ Tak lama kemudian kami dijemput dari pihak Dina’s place dengan mobil. Terimakasih Ibu-ibu toko kelontong! You save our life!

Saat pulang mereka juga menyediakan layanan antar sampai ke pelabuhan gratis. Jadi jangan lupa untuk memberi tahu resepsionis kapan anda akan pulang!

suasana kota Fira


------

Berkeliling di Santorini.

Hemm... Santorini sendiri memiliki beberapa bagian pulau yang cukup menarik untuk dijelajahi.

Anda bisa menaiki bus umum yang tersedia dengan harga per tiket nya berkisar antara € 1.8 – 2.8 tergantung jarak.
Bus lokal bertuliskan "Local Bus" dan ada rute tujuan di  bagian atas bus atau bertanyalah pada supir/ kenek mengenai rute bus.

Kami juga sempat kebingungan karena ada beberapa rute yang harus ganti bus. Nah, jika anda bingung, silahkan berbicara kepada kenek bus. Ya, disana juga ada kenek bus yang akan meminta uang saat di perjalanan. Bedanya kenek bus disana rapih dan memiliki tempat penyimpanan uang portable. Pokoknya cekatan banget deh pas ngembaliin uang. Kadang sampai nggak sempet liat eh dia udah nyodorin uang kembalian.

Untuk rute bus dan harga tiket bus di Santorini bisa dilihat disini :

------

Harus.
Harus dilakukan!

Beberapa hal yang harus anda lakukan di Santorini menurut pengalaman saya adalah.......

1. Mencoba menunggangi keledai



Anda bisa mencoba menunggangi keledai di daerah Fira/Thira. Harga naik keledai sekitar € 5 untuk satu kali perjalanan. Jadi begini, menunggangi keledainya itu bukan dijalanan datar atau di padang rumput melainkan di tangga yang cukup panjang menuju pelabuhan lama ( old port ) di Fira.

Nah, kalau saya waktu itu turun jalan kaki, pulang ke atasnya naik keledai. Sebetulnya saya kasihan melihat keledai-keledai yang haya diam dan tidak ditunggangi. Daripada mereka bosan, jadi saya ikutan menunggangi keledai disana. Tapi itu adalah pengalaman yang tidak bisa saya lupakan.




2.Melihat matahari terbenam ( sunset )

Matahari terbenam di Fira

Matahari terbenam di Santorini tidak kalah indah dengan matahari yang terbenam di Indonesia ( ya...wong mataharinya sama.....). Namun jika anda berada di Santorini anda juga akan penasaran bagaimana suasana matahari terbenam disana.

Makan malam sambil melihat sunset di Oia

Tempat yang terkenal untuk melihat matahari terbenam di Santorini adalah Oia. Namun bagi saya sendiri saya lebih suka melihat dari Fira. Hal ini disebabkan dari Fira, anda bisa dengan jelas melihat Kaldera atau pecahan gunung api yang ada disana.



3.Melihat Red Beach
Red Beach


Kalau di Indonesia kita punya Pink Beach, di Santorini kita bisa menemukan Red Beach. Kenapa dinamakan Red Beach? Bukan karena pasirnya berwarna merah tapi karena dinding-dinding pantai ini berwarna merah.

Untuk ke Pantai Merah alias Red Beach ini anda perlu naik bus dua kali, turun di Akrotiri dan berjalan cukup....jauh. Saya tidak menyarankan membawa anak-anak atau lansia ke tempat itu kecuali langsung menaiki speed boat ( seperti kebanyakan masyarakat kelas atas yang berkujung kesana ). Jalanan yang dilewati awalnya beraspal namun ketika sudah dekat pantai maka anda harus melalui jalan bebatuan yang cukup curam.


Jalanan bebatuan untuk turun ke Red Beach

                                 4. Foto dengan bangunan – bangunan putih khas Yunani

Fira

Oia

Nah, ini nih yang nggak boleh ketinggalan! Ketika ke Santorini, anda wajib untuk berfoto bersama bangunan-bangunan putih yang khas. Bangunan-bangunan ini bisa anda temukan disepanjang garis pantai selah kiri Santorini karena di garis pantai sebelah kanan jarang ada bangunan-bangunan seperti itu.

sumber  : google
------

Beberapa tips dari saya :

1. Jika mau ke Santorini anda bisa terbang langsung ke Athena di Yunani atau melalui Napoli di Itali. Saya sendiri karena waktu itu adalah long-trip jadi saya dari Napoli terbang ke Athena menggunakan EasyJet. ( baca info maskapai-maskapai low-cost di Eropa >> disini )

2. Pantai di Santorini berpasir hitam dan puannaaaasssss!

Ada angsa besar dipantai yang cukup menyeramkan 
dan suka menghampiri para turis yang sedang berjemur

Pasir disana terlalu panas sampai saya sulit berjalan karena terlalu panas walau sudah memakai sandal. Beberapa anak kecil juga sampai menangis karena kakinya kepanasan. Kalau mau main di pantai, duduklah dekat tepian air di pantai karena pasirnya tidak terlalu panas.

3. Datanglah saat mulai musim semi atau musim panas karena saya yakin saat musim dingin akan ada beberapa tempat yang ditutup.

4.Cobalah hidangan laut khas disana.


Walau menurut saya harganya terlalu mahal dan tidak seenak hidangan laut di Indonesia, tapi anda patut mencoba selagi disana.

5. Jika anda lupa membawa Tanning Oil atau Sun Block, jangan beli di kota Athena karena harganya mahal. Beli lah di Santorini dengan setengah harga dari harga di Athena untuk produk yang sama.

6. Berhati-hatilah ketika menaiki bus karena cenderung padat dan bisa saja ada pencopet yang mau mencuri.

7. Jika anda ingin menaiki bus terakhir yang berangkat dari Oia untuk kembali ke Fira, lebih baik antri lebih awal karena antrian sangat panjang.

8. Pergi ke sisi kiri Santorini untuk melihat bangunan-bangunan khas juga kaldera dan ke sisi kanan Santorini untuk melihat pantai-pantai disana.


Fira
 ------

Must go or not?
Saat turun dari bus untuk berganti bus menuju Red Beach. 
Entah berantah.... dan panas menyengat

Jika anda adalah penggemar pantai, ini bukan tempat untuk anda. Pantai di Santorini tidak begitu bersahabat karena airnya dingin dan pasirnya panas. Namun jika anda penasaran dengan bangunan-bangunan putih khas Yunani anda wajib mengunjungi Santorini atau mungkin Santorini Park di Thailand. Hahaha!


Well overall, it's a bit overrated. 







You Might Also Like

0 comments