Europe Travelling - Transportasi Untuk Keliling Eropa [ Pesawat ]

July 11, 2016

Dalam post kali ini saya ingin memberikan informasi yang saya ketahui mengenai transportasi untuk berkeliling Eropa. Sering kali saya mendapat pertanyaan tentang hal ini. Banyak juga yang berpikir bahwa saya menaiki kereta api kemana-mana. Oleh karena itu saya membuat posting ini. Ok, mari kita mulai!


Untuk berkeliling Eropa dari Ceko saya punya banyak pilihan. Mulai dari pesawat, kereta api, bus, hingga mobil. Untuk menentukannya sangat mudah. Anda hanya perlu membandingkan harga mana yang terbaik melalui website-website yang sudah banyak dimana-mana. 

Sejauh ini, jujur, saya belum pernah naik kereta untuk keluar dari Ceko. Tentu bukan tanpa alasan. Harga kereta api sangatlah tinggi, bahkan lebih mahal dari pesawat. Durasinya kurang lebih sama dengan bus. Mungkin hanya lebih tidak membuat anda jadi mabuk di perjalanan. Tapi untuk traveller yang on-budget seperti saya, saya lebih baik mabuk di perjalanan dari pada harus bayar 100 Euro untuk kereta api. 

Pesawat 

Saya akan membahas satu persatu mulai dari Pesawat. Di Eropa, banyak terdapat maskapai murah sama halnya seperti air-asia, lion air, tiger, citilink, dan semacamnya. Saya pernah menggunakan empat maskapai berbeda selama bepergian di Eropa. 

Maskapai yang pernah saya gunakan adalah Wizz air, Easy Jet, Ryan Air, dan Transavia. 
Ke-empat maskapai ini memang sangat terkenal dikalangan anak-anak muda di Eropa.


















------------------------------

Wizz air adalah perusahaan dari Hungaria, jadi banyak penerbangan dari Budapest. Untuk rute dari Praha sendiri tidak terlalu banyak tapi cukup murah untuk rute dari Praha ke Italia dan banyak pilihan bandaranya. Saya pergi dari Praha ke Milan dengan membayar hanya sekitar kurang dari Rp.300,000,-

> Harga 

Harga Wizz air cukup bersaing dan relatif lebih murah dari Easy jet atau Ryan air. Wizz air juga menawarkan member dimana jika kita membeli membership tersebut, maka bisa mendapatkan potongan harga disetiap pembelian.  Tapi tentu ada syarat dan ketentuan. 

Saya sendiri membeli member untuk lima orang karena biasa bepergian bertiga selama di Eropa. Lumayan, bisa mendapat potongan minimum 10 Euro. 

Soal membership, bisa dilihat ketentuan dan harganya di sini.

> Kenyamanan : 

Jangan menaruh banyak harapan terutama kepada maskapai murah. Tapi jarak kursi lumayan untuk orang Asia yang berukuran tubuh kecil seperti saya. 

Pramugari relatif muda dan tidak seramah di Asia. ( Tentu saja, hehehe )

Saya pernah berada di toilet saat turbulence dan tiba-tiba seorang pramugara membuka pintu (...) Untung saja saat itu saya sudah selesai dan sedang mencuci tangan.

> Bagasi : 

Anda hanya bisa membawa tas yang muat untuk diletakan di bawah kursi. Jika anda mau membawa barang untuk di cabin, maka anda harus membayar lagi. Walau anda sudah membayar, kadang cabin juga bisa penuh. 

Hal ini terjadi pada saya, tapi saat itu karena teman saya menaruh tasnya bukan di atas kursi yang didudukinya, orang asing yang duduk dan mau menaruh bagasinya di cabin menurunkan tas teman saya secara kasar. Melihat hal itu, kami pun berkata pada pramugari agar teman saya bisa menaruh tasnya di cabin di atas tempat duduk kami walau sudah penuh. Akhirnya pramugari tersebut menggeser-geser tas dan jaket-jaket yang bercampur aduk agar tas teman saya bisa masuk ke cabin. 



------------------------------


EasyJet adalah maskapai dari Inggris. Biasanya banyak promo untuk penerbangan dari negara-negara di Eropa untuk ke Inggris. Ya, meski Inggris itu sebetulnya juga Eropa, tapi kebanyakan tetap menyebutnya Inggris saja tanpa dikategorikan sebagai Eropa Barat. Agak rumit, biasalah, politik. Sebagai warga negara Indonesia, kita juga memerlukan visa berbeda dengan visa schengen atau visa Eropa.

[[ Saya menulis postingan ini sebelum Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa ]]

> Harga : 

Untuk harga easyjet sendiri tidak semurah wizz air. Tapi, easyjet memiliki sistem seperti di mangga dua, semakin banyak beli semakin murah. Jadi jika anda bepergian bersama kerabat, lebih baik langsung booking bersama-sama dalam satu nama. Jika anda booking sendiri-sendiri maka harga tiket akan lebih mahal beberapa Euro. 

> Kenyamanan : 

Cukup nyaman seperti hal-nya maskapai murah lain. 

Pramugari sedikit lebih ramah dari wizz air.

> Bagasi : 

Untuk bagasi di easyjet, kita tidak perlu membayar untuk bagasi cabin. Anda bisa membawa satu buah bagasi cabin. Sebenarnya tidak diperbolehkan membawa tas lain. Tapi saya saat itu berhasil membawa satu buah tas kecil untuk barang-barang penting seperti paspor, dompet, dsb. 



------------------------------


Lanjut ke Ryan Air. Ryan air adalah maskapai dari Irlandia. Menurut saya Ryan air ini cukup terkenal karena setiap kali teman saya yang merupakan orang Eropa selalu merekomendasikan Ryan air. 

> Harga : 

Untuk harga, Ryan air cukup bersaing. Hal yang membuat saya jengkel adalah harga yang terus menerus berubah, kadang bisa lebih murah dari pertama kali dilihat, kadang bisa lebih mahal. 

> Kenyamanan : 

Ryan air tidak sebersih maskapai lain yang pernah saya gunakan selama di Eropa. Tapi cukuplah untuk maskapai murah. 

Saya pernah membeli pasta di Ryan air karena sangat lapar. Tapi diluar ekspektasi, pasta yang diberikan terlalu mahal untuk kualitas dan bentuk yang sangat buruk. Makanan di airasia jauh lebih enak dari ini. :(

> Bagasi : 

Nah, untuk bagasi, Ryan air lah yang paling baik. Kita diperbolehkan membawa satu bagasi cabin dan satu tas kecil yang bisa diletakan dibawah kursi. 




------------------------------


Terakhir, Transavia. Transavia adalah maskapai dari Belanda. Website Transavia sangat user-friendly dan terlihat memang dibuat untuk anak muda yang butuh tiket pesawat murah. Hahaha

> Harga :

Harga di Transavia ini paling bulet alias ga ada embel-embel 0.99 Cent di belakang seperti di maskapai lain. Harganya juga konstan dan tidak suka berubah-ubah. 

> Kenyamanan : 

Kenyamanan di Transavia tidak jauh berbeda dengan ketiga maskapai yang telah saya sebutkan diatas. Hanya saja sandaran kursi terlalu tegak. 

> Bagasi : 

Transavia mengizinkan kita membawa satu buah bagasi cabin. Bagasi cabin bisa ditaruh di cabin secara gratis apabila belum penuh. Kalau penuh maka anda harus memasukan ke bawah kursi atau dimasukan ke bagasi pesawat. 


www.transavia.com


------------------------------

















Tas yang saya bawa untuk 5 hari di Belanda, sangat kecil bukan? 
Itu semua karena saya tidak mau membeli bagasi cabin. Hehehe



Tips ketika naik pesawat di wilayah Eropa :

- Perhatikan jumlah tas kabin yang bisa anda bawa.

- Jika hanya diperbolehkan membawa satu buah tas kabin, bawalah satu buah tas serut / tote bag berbahan tipis untuk tas jalan-jalan.

- Check-in lah secara online untuk menghindari antrian panjang.

- Datanglah 1 jam lebih awal untuk jaga-jaga. Anda tidak pernah tahu seberapa besar bandara yang akan anda datangi.



Untuk mempercepat security check : 

- Bawa cairan semua di bawah 100 ml

- Jangan membawa cairan yang dapat terbakar. Obat nyamuk semprot saya diambil di bandara Praha padahal deodorant spray saya tidak diambil. Hmm...

- Satukan semua cairan dalam sebuah zipper bag / plastik bening ( biasanya juga disediakan di bandara dan bersifat wajib, jadi lupakanlah tempat kosmetik anda yang imut dan lucu )

- Satukan perlengkapan elektronik seperti charger, kabel data, dan sebagainya.

- Hindari memakai ikat pinggang atau sepatu yang memiliki bahan metal.

- Taruhlah benda-benda yang sekiranya dapat terditeksi sebagai metal seperti sendok, sumpit, dan sebagainya di bagian yang mudah diraih. ( Sumpit teman saya dicurigai ketika di bandara sehingga teman saya harus membongkar isi tasnya demi membuktikan bahwa itu hanyalah sumpit -_- )

- Letakan laptop pada tempat yang mudah dikeluarkan dan dimasukan kembali karena laptop harus selalu dikeluarkan dan diletakan di baki.



Baiklah, sekian dulu untuk posting kali ini. Jika ada informasi baru maka akan saya update lagi.
Untuk jenis transportasi yang lain seperti bus akan saya post segera.

Terimakasih sudah membaca, semoga membantu!



Cao!


Untuk membaca tentang transportasi via darat alias bus, baca disini.




You Might Also Like

0 comments