Cerita dari Zlin, Republik Ceko - Rasa-rasa Pertama

February 04, 2016

           
Baca sebelumnya disini.. biar nyambung!

            Gedung asrama gue dan kedua teman gue terpisah karena gue yang salah daftar asrama gitu. Berujung mereka di U7 dan gue di U12. Ketika gue tanya ke buddy gue apakah asarama U12 itu jauh...lalu jawabanya “ Enggak.. enggak jauh... tapi kita harus nanjak bukit dikit.. Nah, ditambah nanti kita harus bawa koper, jadi sedikit lebih lama deh...” Lalu otak gue menjerit  ‘APA!!??? BUKITT!??’ Gue lalu teringat cerita mahasiswa dari Universitas gue yang juga pertukaran seperti gue di semester lalu. Saat menanjak si- bukit itu, gagang kopernya sampai lepas... ‘ Oh God please, jangan sampai itu terjadi pada gue!’

            Turun dari halte bus, gue dan si-buddy yang bernama Jana ini jalan ke money changer untuk tuker Euro ke mata uang Ceko yaitu Koruna. Karena jalannya terbuat dari batu-batu taman gitu yang agak nonjol, koper cabin yang sebenernya udah sangat overweight itu agak tidak seimbang... Tiba-tiba ‘ KREEEEKKK’ Ya, kawan-kawan.... bukan main, roda koper gue copot satu. Alamak! Belum juga naik bukit... rodanya udah copot satu. Tapi akhirnya masih bisa terkendali dengan 3 roda lain yang masih utuh.

            Barulah setelah tuker duit, kita jalan.........sebenernya deket, tapi karena bawa koper ‘dajal’ itu, jadi terasa berat. Apa lagi begitu sampai di ‘bukit’ yang sebenernya cuma tanjakan.. ( karena di otak gue yang tergambar adalah bukit primitif ala tempat-tempat camping. )


            Sepanjang bejalan ke asrama, daerahnya cukup gelap, sepi ( cuma ketemu kurang dari 5 orang dan 2 ekor anjing selama OTW ), gedung-gedungnya sama semua, monoton, dan pohon-pohon mati di kiri kanan. Gue sangat yakin, itu kalau di Jakarta udah jadi sarang preman atau tempat yang diyakini angker!

            Sampai di asrama dan mengurus beberapa hal administrasi gue dan Jana langsung naik ke kamar gue. Harusnya gue punya room-mate orang Indonesia juga yang kuliah disini. Tapi barangnya ada, orangnya gatau dimana. Hehe.. Jadilah gue dewek-an alias sendirian di kamar.

            Pelajaran pertama adalah Jangan Mempercayai Website. Karena di internet, kamar gue terlihat bagus banget.. baru di renovasi... taunya pas sampe, gue dapetnya kamar yang belom di renovasi :( SAKITNYA TUH DISINI !
           


            Melihat kamar, gue jadi baru berasa kalau gue akan tinggal disini. Ini akan menjadi rumah gue. Juga baru berasa kalau gue jauuuuh banget dari rumah dan ini bukan liburan.

            Dan seperti anak-anak Jakarta pada umumnya, masuk kamar gue langsung nyari AC. Tidak ada AC gue pun bertanya pada Jana, “ini heaternya bisa jadi AC juga ya?”. Lalu dengan sabar dia menjawab, “Engga.. engga.. kita disini ga pake AC,” dalem hati ‘duh.........gimana dong’ terus gue tanya lagi ,” Jadi sirkulasi udaranya gimana dong?” Jana pun menunjuk ke jendela “Kamu bisa membuka jendela ini... saat tidur.” Baiklah Jana, gue buka jendela karena kamar gue cukup pengap. Eh pas buka ada pohon mati. EAAAAA malesin banget. Tapi lumayan deh, ternyata keadaan disini kayak di puncak gitu, nggak ada AC tapi dingin ( Iyalah! Lagi winter cuy! ) , cuma karena ga ada fentilasi aja jadinya pengap.

            Nah udah habis beberes bentar,kita ketemuan lagi sama yang lain buat makan malem dan beli beberapa hal. Tadinya mau sok-sok-an makan makanan lokal gitu tapi karena kepepet butuh wifi akhirnya makan mcdonalds... Lumayan mahal guys... Sekitar 70ribu kalau di rupiahin. Tapi lumayan deh bisa ngabarin keluarga dan sanak saudara di Jakarta walau mereka sudah tidur karena di Jakarta udah jam setengah dua pagi.

            Itu tuh... soal perbedaan jam. Gue pikir awalnya perbedaan 6 jam itu nggak masalah, ternyata cukup bikin kepala mumet karena seperti sekarang ini gue lagi kebangun karena di Jakarta udah jam 10 pagi tapi disini masih jam 4 pagi.  Cuma kalau soal ngantuk gue biasa aja.. tapi jam bangun gue masih ngikutin jam di Indo.

            Tapi gue yakin, bak seekor bunglon... kita bertiga pasti cepat beradaptasi! Cie-ilaaahhh...


            Oke deh.. sekian terimakasih, gue akan update lagi jadi nantikanlah guys...

Semoga bermanfaat bagi kalian yang mau ikut pertukaran pelajar juga. :)

You Might Also Like

0 comments