Balada anjing bernanah

January 04, 2017

Hola!


Pada postingan kali ini gue bakal ngomongin hal yang mungkin sedikit  berbeda dari biasanya. Gue bakal ngebahas anjing gue yang baru-baru ini sakit sampai harus ditindak operasi. Ya, sekaligus ngasih masukan tentang klinik hewan khususnya anjing dan kucing.

Untuk klinik sendiri, kemarin gue bawa anjing gue ( Kepo, namanya Kepo ya bukan ngatain elo kepo! ) ke klinik Gustavet di daerah kebayoran lama arah-arah mau ke palmerah. 


Jl. Raya Kby. Lama No.7, RT.3/RW.1, Sukabumi Utara, Kb. Jeruk, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11540, Indonesia

Lalu kepo sakit apa sebenernya?
Kepo kena penyakit yang namanya...Pyometra.
Penyakit umum yang diderita anjing betina kalau nggak disteril tapi nggak dikawinin dan udah berumur diatas 6 tahun.
So..bagi yang punya anjing betina mending disteril sejak dini kalau memang nggak mau dikawinin.

Ciri-ciri kena pyometra yang gue lihat dari si-Kepo ini adalah dari alat kelaminnya keluar semacam lendir bening ( yang ternyata adalah nanah ) terus menerus. Terus dia jadi tidurnya cepet dan agak lemes. Berhubung nyokap -- seperti biasa -- memiliki intuisi yang lumayan kuat, dibawalah Kepo ke Gustavet. Dokter Gustav langsung menyatakan bahwa Kepo kena Pyometra dan harus di operasi besoknya. 

Agak kaget sih, dan setelah gue googling ternyata Pyometra itu disebabkan karna infeksi pada uterus. Nah, jelasnya baca disini aja : http://pdhbvet.com/studi-kasus-pyometra-pada-anjing/ ( hati-hati ya banyak gambar yang agak disturbing )



Kepo hari pertama menginap di klinik.


Waktu hari pertama, dia masih manja banget dan gong-gong terus waktu gue mau pulang. Jadi ga tega banget lihatnya. Apalagi anjing gue ini ga biasa tinggal di dalem kandang. 

Besoknya gue dateng lagi untuk nemenin Kepo melalui proses operasi. Tadinya gue berniat mau ninggalin sewaktu operasinya dimulai karena kebetulan ada janji sama teman. Tapi pas ngeliat kepo dibius langsung nggak tega dan akhirnya gue nemenin sampai operasi selesai.


Persiapan operasi

Waktu lagi operasi

Gue bisa melihat keseluruhan proses operasi ini dari luar karena ruangannya memiliki kaca yang besar. Tapi bagi yang nggak bisa lihat darah dan semacanya sih mending nggak usah coba-coba.

Kata dokter, Kepo ini salah satu anjing yang enak dioperasi (loh?). Kepo anteng-anteng aja dan nggak berontak saat dibius. Uterusnya juga udah langsung keliatan jadi nggak harus di 'kobok-kobok' lagi. 


Uterus Kepo yang udah bengkak karena penuh nanah. 
Normalnya uterus anjing cuma setebal tinta bulpen.

Selesai dioperasi, kepo langsung dikasih infus supaya cepet siuman ( Pada poin ini, gue ngerasa kayak lagi di sinetron dan nunggu kerabat yang abis ketabrak lari dan berujung amnesia ). 

Lagi diinfus

masih celeng

 Paska operasi, Kepo masih kaku dan nggak bisa gerak. Gue nemenin disampingnya sambil belai-belai dan manggil nama dia. Keliatan banget dia mau goyangin ekor tapi susah karena masih dalam pengaruh obat bius. 

Waktu nyokap dateng, Kepo langsung bisa goyangin ekor dan ngedongak. Emang ya, happiness is the true medicine :)
Kepo, Mum, and Ceko.

Nah, setelah operasi Kepo harus dirawat selama kurang lebih 1 minggu sampai luka jahitanya benar-benar dinyatakan kering.




Selama dirawat, gue selalu mampir kesana setiap pulang atau sebelum kuliah. Kebetulan Gustavet ini searah sama kampus.  


Kepo juga tiga kali dipindah dari satu kandang kelainnya karena banyak anjing lain juga yang berdatangan. Jadi harus disesuakan sama ukuran anjingnya. 

Tiap hari ada dokter yang memeriksa keadaan pasien-pasien disana. Kandang juga dibersihin setiap hari. Soal makan juga diperhatiin banget sesuai berat si anjing. Kalau mau kasih makanan dari rumah juga boleh. 

Kepo lagi di 'daily check-up'

Tempat pasien-pasien Gustavet

Hari Jumat, 23 Desember 2016, Kepo pun pulang dan kembali ke rumah. Hore!
Tapi, waktu pulang awal-awal masih lemes dan tidur terus.
Sekarang sih puji Tuhan udah normal lagi :)

Overall, cukup puas dengan hasil dari Gustavet ini. Harganya cukup rendah dibanding klinik hewan langganan gue yang lama, Groovy. Gustavet ini menurut gue selain lebih murah, juga lebih cepat tindakanya. 


Ok, semoga membantu ya dan kalau anjing atau hewan peliharan lo lagi sakit, 
semoga cepat sembuh!




Ciao!





















You Might Also Like

2 comments

  1. Kisaran abis brp ya operasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru membalas komentarnya.
      Kalau tidak salah sekitar 2 juta belum termasuk biaya rawat inap.
      Rawat inap kalau tidak salah 80 ribu semalam termasuk biaya makan dan mandi sebelum pulang.

      Terimakasih atas komentarnya, semoga membantu.

      Delete