Cerita dari Zlin, Republik Ceko - 1 Day Trip Brno

February 17, 2016

Hola!

Dalam postingan kali ini gue bakal menceritakan perjalanan singkat ke kota kedua terbesar di Republik Ceko yakni, Brno.

Pendahuluan dulu ya,, biar makin afdol !

Selama kurang lebih 3 minggu di Ceko, gue tinggal di kota bernama Zlin. Kota ini kecil banget bahkan lebih kecil dari singapura. Selain kecil, kota ini juga baru lahir sekitar tahun 1397 jadi kurang ada nilai sejarah-sejarah ala Eropa seperti misalnya bekas-bekas masa renaissance, romantic, dsb.

Kalau kamu tau merk sepatu Bata yang super terkenal di Indonesia, kota inilah tempat asal sepatu itu dibuat. Malah asal usul kota ini bisa dibilang hidup dari pabrik sepatu Bata yang ada di Zlin ini.

( Sumber : google )

Pendiri kota Zlin adalah Tomas Bata ( sekaligus pemilik pabrik sepatu bata ). Arsitektur di kota ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan batu-bata. Gue berspekulasi bahwa Tomas Bata menemukan arti namanya yaitu 'Bata' dan akhirnya Ia memutuskan untuk menggunakan bata di semua gedung disini. Wehehhe

Maka dari itu gue agak bosan sih dengan gedung yang begitu-begitu aja. Kurang artistik dan jadi monoton banget.

Makanya waktu gue ke Brno gue langsung 'CLING' ngeliat gedung-gedung Eropa yang klasik.

Trip ke Brno ini dadakan banget, gue memutuskan untuk pergi ke Brno di hari Kamis dan langsung berangkat besoknya. Alasanya? Karena kalau mendem di kamar terus jadi makin kangen rumah...hehehe

Oke deh, untuk ke Brno gue naik Student Agency
Student Agency adalah bus yang menawarkan jasa transportasi antar kota dari Repubik Ceko ke negara lain ataupun dalam Republik Ceko. Harganya murah, busnya juga bagus dapet minum, ada TV, dan majalah tapi dalam bahasa Ceko hahaha.

Harga tiket dari Zlin ke Brno pulang pergi : kurang lebih Rp.95,000,-
( tergantung Euro )

Perlu diperhatikan bahwa bus disini berangkatnya super on-time!!
Saat kita sampai di terminal bus waktu masih menunjukan pk.8:00 dan bus yang mau kita naiki terlihat sudah jalan dari pangkalan. Padahal tiket bus memang pk.8:00. Jadi memang kitanya aja yang kebiasaan ngaret..hehe

Karena ketinggalan bus, kita akhirnya ikut bus jam 8:20 ( untungnya masih ada kursi kosong ). Tapi bus yang ini nggak langsung ke Brno, kita harus turun di Olomouc dan ganti bus menuju Brno.

Jadilah, durasi perjalanan yang harusnya cuma 90 menit, jadi sekitar 3 jam. :(

Setibanya di Brno, gue langsung amazed karena kota ini bener-bener bikin gue merasa di Eropa! haha
Yang jelas karena kota ini adalah kota nomor 2 di Republik Ceko, jadi jauh lebih ramai dari pada di Zlin. Lebih terasa hidup deh!

( Sumber : Pribadi )

Destinasi pertama kita di Brno adalah Moravian Museum. Gue sendiri belum begitu mengerti dengan Moravian karena tujuan gue ke museum itu adalah untuk melihat pameran boneka-boneka dari Asia Tenggara.

Tiket masuk menggunakan Student Card : All Exhibition 45Kč ( Rp.27,000,-)

Ini adalah wayang kulit yang dipamerkan di museum tersebut. Lucu kan?

Waktu liat ini langsung flashback ke pertunjukan wayang di museum Sonobudoyo di Jogjakarta.

( Ketika di museum Sonobudoyo, Jogjakarta )
( Sumber : Pribadi )

Setelah dari Moravian Museum, kita ke kuburan bawah tanah di Kostel Sv.Jakuba atau Gereja St.James.

Gereja ini letaknya di tengah-tengah kota, siapa yang sangka dibawah tanah ada beginian !?

Ceritanya konon ada wabah penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan menyebabkan banyak kematian. Korban-korbannya kemudian dikuburkan secara masal di bawah tanah tersebut.

Harga tiket masuk : 70 Kc ( Rp.42,000,-)

Seusai melihat-lihat tengkorak, kamipun bergegas ke Istana Spillberk. Istana ini letaknya di atas bukit. Gue yakin letaknya emang sengaja di atas bukit supaya bisa melihat keadaan seluruh kota saat itu.

Pemandangan dari atas emang bagus banget!

ini kita waktu di atas!
Terus jalan-jalan disekitar Istana yang lebih mirip benteng sambil nyari mana pintu masuknya hahhaa.

Akhirnya nemu juga pintu masuknya yang terpencil abis....

( Sumber : Pribadi )

Ya, itu pintu masuknya. Kaya pintu masuk rumah hantu gitu yak.. hahaha

Setelah masuk karena kita mager kalau cuma liat istananya yang rada bosenin, kita memutuskan untuk ke pameran Andy Warhol aja.

Tiket masuk pameran Andy Warhol : 50 Kč ( Rp.30,000,-)

( Sumber : Pribadi )

Setelah dari Istana Spillberk ini kita turun lagi ke kota, makan malam sambil menunggu bus. Kali ini kita sengaja lebih cepet supaya nggak ketinggalan bus lagi.

Tips bagi yang suka mabok perjalanan kaya gue, jangan pilih tempat duduk di paling belakang! Gue kapok karena sepanjang perjalanan pengen muntah. Entahlah, mungkin juga karena udah lama nggak naik mobil atau kendaraan jadi rada norak gitu. Hahaha

Yaudah, segitu aja, semoga bermanfaat bagi yang mau ke Brno.

Nantikan postingan selanjutnya karena weekend ini gue mau ke Vienna ;D

oke,

Sekian,
Terimakasih :)

( Gambar yang menggunakan tanda ( Sumber : Pribadi ) adalah milik saya pribadi, pengambilan gambar pribadi dari blog saya harus meminta izin terlebih dahulu. )