Mengurus SKCK untuk VISA Long-Term Republik Ceko

January 04, 2016

Halo halo..! 

Karena saya tau ngurus SKCK itu membingungkan, jadi saya memberikan sedikit bantuan. 
Dibawah ini saya buat timeline urutan dan kemana saja anda harus pergi. 

Jujur, pertama kali harus ngurus SKCK ini saya pusing tujuh keliling..... 
Nyari info dari blog ini itu, 
dan sempet salah juga karena salah liat info. 

Ya.. semoga ini bisa membantu kalian ya :) 

Perlu diingat bahwa proses pembuatan SKCK yang saya beri tahu adalah 
untuk kebutuhan pembuatan VISA long-term negara Republik Ceko. 

* KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR *
atau
Open image in new tab 
lalu zoom

Tips lain : 


  •  Hampir semua instansi buka pada pk.08:00 dan tutup pada pk.15:00 dan tutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari besar.
  • Datanglah sedini mungkin untuk menghindari antrian panjang, jam makan siang, dan mepet dengan waktu tutup. 
  • Datang pada hari Senin atau Selasa sehingga jika masih ada dokumen yang kurang lengkap bisa dilengkapi tanpa tertunda akibat hari Sabtu dan Minggu. 
  • Perlu diingat proses pengerjaan dokumen berbeda-beda ada yang 1 hari selesai, 2 dan 3 hari atau bahkan lebih. Jadi jika anda datang di awal minggu yakni Senin atau Selasa, anda bisa mengambil dokumen anda pada hari Kamis atau Jumat. 
  • Jika anda datang hari Jumat maka dokumen anda baru jadi hari Selasa atau Rabu. Menurut saya pribadi ini akan menunda interview anda di kedutaan besar Ceko yang hanya ada pada hari Senin. 
  • Jika anda membaca dengan seksama pengalaman saya di tabel timeline diatas, anda akan mengetahui bahwa kunci utamanya supaya tidak salah adalah bertanya. 
  • Saat tiba disebuah instansi terkadang kita bingung dan terintimidasi oleh besarnya gedung dan petugas yang agak meremehkan anda karena anda bukan pejabat atau dari ras tertentu seperti saya.. hehe..  Tapi, santai saja dan ingat apa tujuan anda kesana. 

Pengalaman membuat SKCK ini sungguh melelahkan dan menghabiskan waktu sampai-sampai saya harus bolos kuliah karena instansi tutup jam 3 sore. Tapi dari pada menggunakan calo, ada kepuasan tersendiri dan jadi lebih tau proses di negara kita seperti apa. Jika anda memakai calo malah akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak, padahal jika dijalankan sendiri hanya mengeluarkan biaya sedikit. 

Uruslah SKCK 2-3 bulan sebelum anda ingin membuat Visa karena masa berlaku SKCK hanya 3 bulan. 

Oke..  saya rasa segitu aja... dulu... hehe semoga membantu dan semoga pengurusan Visanya juga lancar :) 

Sekian postingan saya, semoga membantu ya :D 



Jika ingin dikirimkan PDF tabel timeline diatas bisa email ke : 
hallo.vivirans@gmail.com 












You Might Also Like

0 comments